Spot foto baru di Stasiun MRT Istora Senayan. Sumber : https://www.tiktok.com/@malikibrhm

Banyak cara bisa dilakukan untuk menarik perhatian pengguna MRT agar melihat iklan yang telah dipasang. Bank Mandiri menggunakan dinding stasiun MRT Istora Mandiri sebagai sarana beriklan nan edukatif dan juga atraktif. Ambient Ads dinilai memang sangat efektif dalam memancing perhatian masyarakat agar tertuju dan berinteraksi dengan iklan.

Hectic-nya suasana pagi dan sore pada stasiun MRT tak bisa dipungkiri, terlebih pada stasiun-stasiun yang berlokasi di perkantoran. Oleh karena itu, dibutuhkan iklan yang kreatif agar dapat memalingkan perhatian pengguna MRT kepada iklan yang dipasang.

Stasiun MRT sendiri sudah dua tahun lebih lamanya menjadi media untuk beriklan bagi para brand. Pemanfaatan interior bangunan stasiun menjadi sarana beriklan dapat menambah daya pemasukan bagi pihak penyelenggara MRT. Bahkan pendapatan MRT terbilang besar justru berkat iklan-iklan yang terpasang.


Iklan Tidak Lulus Sensor Kompas di Stasiun MRT. Sumber : https://www.instagram.com/folkative

Sebelumnya brand Compass telah berhasil membuat iklan kreatif dengan menguningkan beberapa stasiun hingga rangkaian kereta MRT dengan kalimat “Iklan Ini Tidak Lulus Sensor”. Membuat penasaran banyak orang, alhasil iklan tersebut viral dan diberitakan di berbagai media. Beberapa hari yang lalu Bank Mandiri melakukan hal serupa dengan mengusung konsep ambient ads.

Sekilas, Ambient ads merupakan iklan luar ruang yang diusung dengan konsep berbeda (media yang tidak biasa) dari kategori iklan luar ruang lainnya. Ambient ads sangat berdekatan dan memancing suasana di sekitar penempatan iklan dengan target audience iklan itu sendiri. Tujuannya agar penyampaian pesan iklan terbilang unik, lebih dekat dan lebih mudah diingat oleh target audience.

Ambient ads terkesan seperti iklan “tersembunyi” juga out of the box, sehingga target audience merasa tidak terpapar pesan iklan padahal mereka sedang terlibat dan terpapar oleh iklan tersebut. Contohnya seperti yang dilakukan Bank Mandiri pada stasiun MRT Istora Mandiri, mereka memanfaatkan dinding bangunan (Wall Wraping) MRT dengan memajang sejumlah lukisan 3D yang bisa dijadikan tempat berfoto oleh pengunjung.


Lukisan 3D Bank Mandiri di Stasiun MRT. Sumber : https://www.tiktok.com/@malikibrhm

Bahkan sudah tersedia titik (signage) untuk berfoto agar foto yang dihasilkan terlihat bagus dan proporsional. Di samping lukisan 3D tersebut terdapat potongan kalimat dan branding logo Bank Mandiri. Pengunjung yang tertarik dengan spot foto baru ini dan berfoto, tanpa sadar telah berinteraksi dengan iklan yang telah dibuat.

Iklan-iklan yang dilakukan seperti ini (Ambient Ads) akan menghasilkan daya tarik tersendiri di benak target audience. Iklan Ambient membangun interaksi dan meninggalkan kesan yang mudah diingat oleh target audience. Sejumlah iklan ambient ads sangat sukses dan masih diingat sampai saat ini walau telah diiklankan bertahun-tahun yang lalu.

Sumber :

@malikibrhm_

aku tunggu ya di Istora Mandiri😜✌️ #mrt #mrtjkt #fyp

♬ Stay with Me cover by Chris – Chris Andrian Yang


http://klopidea.com/ambient-advertising-sederhana-paling-cool-dan-menarik/

Share this post:

ARCHIVE

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.