Salah satu hal yang membuat pemilik merek sulit mengembangkan dan mempertahankan produk serta layanan yaitu iklim kompetisi bisnis yang sangat tinggi. Hal ini juga mencakup pada pengeluaran anggaran yang relatif banyak. Strategi aktivasi merek atau yang juga dikenal dengan brand activation, dianggap menjadi solusi yang tepat untuk memasarkan suatu produk namun tetap konsisten dan fokus terhadap hubungan merek dengan penggunanya.

Apa Itu BrandActivation?

Aktivasi merek mempunyai arti suatu bentuk kegiatan di bidang pengembangan/promosi dengan berkorelasi lebih dekat kepada konsumen melalui berbagai kegiatan guna mencuri perhatian mereka. Setidaknya hubungan emosional dengan konsumen dapat tercipta.

Hal ini akan menjadi titik awal suksesnya kegiatan aktivasi merek tersebut. Relationship yang semakin kuat dengan pelanggan membuktikan keberhasilan dan interaksi yang semakin berkualitas. Faktor tersebut memungkinkan konsumen seakan kecanduan untuk membeli produk yang sama.

Bentuk-bentuk Brand Activation

Baik secara offline maupun online, berbagai kegiatan dapat dilakukan guna menunjang kegiatan pengembangan merek tersebut. Di era milenial ini memungkinkan Anda untuk melakukan aktivasi komunitas melalui berbagai media sosial.

Kedua cara aktivasi di atas memiliki tingkat keberhasilan yang sama yaitu berhasil membangun brand awareness, membangkitkan minat konsumen untuk mencoba suatu produk, serta membangun hubungan yang baik dan lebih dekat dengan pelanggan. Bentuk-bentuk Brand Activity menurut Wallace (2012) adalah:

Promotions Activation

Bentuk aktivasi merek ini semacam promo-promo spesial yang berhubungan dengan produk atau jasa. Contohnya rabat atau potongan harga, kemasan yang menarik, undian berhadiah, launching produk terbaru, penggunaan brand ambassador, dan masih banyak lagi.

Direct Marketing Activation

Kegiatan yang dilakukan jenis aktivasi merek ini adalah bersentuhan langsung dengan para konsumennya. Contoh kegiatannya adalah wawancara melalui media elektronik, cetak, sampling, in-store activation, CRM (Customer Relationship Management), dan sebagainya.

Social Media Activation

Berbeda dengan direct marketing activation, bentuk brand activation ini berelasi langsung dengan para konsumen melalui berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Email Blast.

Marketing Event Activation

Sesuai dengan namanya, bentuk kegiatan marketing event activation dilakukan melalui event-event seperti pameran, kontes pemilihan brand ambassador, arena games, dan sebagainya.

Sponsorship Activation

Bentuk kegiatannya adalah menjadi sponsor suatu kegiatan. Contohnya mendanai kegiatan musik, olahraga, ajang bergengsi, dan sebagainya.

Anda dapat menggabungkan dua atau tiga bentuk aktivasi merek di atas sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik dari target konsumen.

Pentingnya Kegiatan Brand Activity Diselenggarakan

Meski aktivasi merek umumnya dilakukan secara face to face, tidak menutup kemungkinan dikembangkan secara online juga. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapat dari sebuah Brand activation yakni:

Mendapatkan Feedback

Seringnya kegiatan promosi dilakukan secara dua arah (antara brand dengan konsumen), maka akan memudahkan hubungan timbal balik di antara keduanya. Hal ini memngkinkan untuk meminta pendapat, saran, dan masukan dari pelanggan perihal produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan tempat Anda bekerja.

Memperkuat Posisi Brand

Adanya aktivasi merek diharapkan mampu mencapai syarat keberhasilan meliputi brand loyalty, switching, dan awareness. Secara otomatis, bila ketiga unsur tersebut semakin meningkat maka pengaruh terhadap posisi brand perusahaan juga semakin kuat.

Masyarakat akan semakin tahu tentang produk dan atau jasa yang ditawarkan sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan pembelian.

Memperoleh Data Pelanggan

Saat mengikuti kegiatan pameran yang dilakukan brand ambassador perusahaan, mintalah data lengkap data pengunjung yang masuk ke stand pameran. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memahami karakteristik pelanggan dan mudah menghubungi mereka di masa yang akan datang.

Menjangkau Pelanggan Baru

Fungsi brand activation adalah untuk menarik pelanggan dan membantu mendapatkan pelanggan baru. Keunggulan yang dimiliki barang-barang dan atau jasa yang Anda tawarkan, akan menyadarkan konsumen untuk kemudian memutuskan menjadi pelanggan tetap.

Faktanya, untuk mendapatkan pelanggan baru tak semudah membalikkan telapak tangan. Anda perlu bekerja ekstra untuk mendapat kesan baik sehingga membuat masyarakat memutuskan menjadi pelanggan brand Anda.

Ide Aktivasi Merek yang Layak Dicoba

Pada dasarnya, aktivasi merek dapat dimulai dengan bermacam-macam cara dan upaya. Pastinya upaya-upaya tersebut dapat menciptakan pengalaman bagi konsumen sehingga memperkuat posisi brand perusahaan. Berikut adalah ide bentuk brand activation yang dapat Anda coba.

Promosi Pengalaman Pelanggan (Kontur)

Menampilkan pengalaman pelanggan sebagai sesuatu yang belum pernah dilihat atau dilakukan masyarakat sebelumnya. Ide promosi ini tergolong unik.

Dorong Promosi Pelanggan

Di era milenial ini semua aktivitas sudah diwarnai dengan kehadiran media sosial. Cara untuk menghasilkan buzz sosial adalah dengan mendorong pelanggan untuk mengunggah brand perusahaan Anda. Hal ini sebagai bukti bahwa ada  relationship yang baik antara brand dengan konsumen.

Bangun Kepercayaan Pelanggan dengan Menghadirkan Sejarah Perusahaan

Untuk dapat membangun kepercayaan dengan para konsumen, ide jitu yang satu ini boleh Anda coba. Ceritakan perihal asal usul perusahaan mulai dari awal berdiri hingga kondisi perusahaan saat ini. Dengan begitu, konsumen akan mengetahui komitmen perusahaan sehingga menumbuhkan kepercayaan dalam diri mereka.

Memanfaatkan Teknologi

Pintu kemajuan di bidang teknologi terbuka lebar untuk melakukan aktivasi pemasaran. Ide pemasaran ini memungkinkan terjalinnya hubungan yang baik secara langsung antara Anda dengan konsumen.

Sertakan Semua Tim

Aset terbesar promosi brand perusahaan adalah kekompakan tim. Hal ini dapat menciptakan kesadaran akan nilai penting brand perusahaan.

Contoh Sukses Kegiatan Brand Activation

Aktivasi merek gencar dilakukan pada momen-momen tertentu. Kita dapat menyaksikannya baik di layar TV ataupun layar ponsel Anda.

Sebagai contoh adalah sebuah merek sirup yang melakukan kegiatan aktivasi merek pada saat Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Target pasarnya adalah masyarakat umum yang menjalankan ibadah puasa, khususnya kaum ibu.

Kegiatan brand activation dilakukan full 360°. Brand sirup tersebut menarik minat ibu-ibu yang umumnya memasak untuk keluarganya saat sahur dan menjelang puasa.

Di ranah digital misalnya, brand sirup tersebut tak henti-hentinya melakukan interaksi melalui jenis makanan yang dapat disajikan menggunakan sirup tersebut. Misal resep membuat es buah atau hanya sekedar minuman sirup itu sendiri.

Brand tersebut juga membagikan kiriman foto dan video dari masyarakat yang berhasil membuat olahan makanan menggunakan sirup tersebut.

Sedang pada kegiatan offline, brand selalu membuat booth marketing dengan tampilan unik di pasaran swalayan dan tradisional. Tak jarang sales brand sirup tersebut memberikan free sample sirup gratis kepada masyarakat yang berminat.

Serangkaian kegiatan di atas bertujuan untuk menciptakan pengalaman yang berkesan sehingga menghasilkan bonding (ikatan) yang kuat antara brand dengan konsumen. Besar harapan dari perusahaan brand sirup dapat mendorong peningkatan penjualan dan kesetiaan pelanggan dalam menggunakan brand sirup tersebut.

Kesimpulan dari Penyelenggaraan Brand Activation

Aktivasi merek diselenggarakan sebagai strategi marketing. Bukan hanya menyusun acara dengan baik, masing-masing brand harus memiliki suatu tim riset guna mendalami insight mulai dari urban hingga rural.

Tidak hanya mengutamakan seberapa besar impact brand ke brand itu sendiri, akan tetapi lebih menitikberatkan seberapa besar aktivasi merek berpengaruh bagi konsumen sehingga timbul loyalitas terhadap brand.

Anda dapat menyelenggarakan brand activation dengan cara-cara efektif. Alangkah baiknya jika strategi pemasaran dikemas secara eksklusif dan menarik sehingga semakin menciptakan loyalitas dari konsumen.

Tertarik melakukan Campaign dengan Brand Activation kreatif ?

Anda bisa menghubungi tim Mediamove di 08111 24 0116

Keyword: Brand Activation

ARCHIVE

Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.